Mencari pekerjaan di saat sekarang ini adalah hal yang tidak mudah.Salah melangkah Anda bisa saja gagal meraih kesuksesan.Kuncinya dimulai dari mencari peluang kerja sebanyak-banyaknya.Jangan ragu untuk mengirimkan surat lamaran kepada perusahaan yang Anda minati.Cermati hal-hal penting seputar dunia kerja,apalagi bagi seorang pemula.Promosikan diri Anda sebaik-baiknya melalui surat lamaran.Sebelum melangkah maju,buatlah analisa diri terlebih dahulu.
*Siapkan Surat Lamaran Dan Resume
Surat lamaran dan resume laksana cerminan diri Anda.Jadi buatlah semenarik mungkin agar bisa menarik perhatian pemilik perusahaan tempat Anda melamar.Dalam mermbuat surat lamaran ada beberapa hal yang harus diperhatikan:
~ Tulis surat lamaran Anda tidak lebih dari 1 halaman dengan kalimat yang sederhana dan mudah dimengerti.
~ Tulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa inggris.Sesuaikan dengan bahasa yang digunakan dalam iklan lowongan pekerjaan yang Anda lamar.
~ Jangan gunakan tulisan tangan,kecuali diminta oleh perusahaan yang bersangkutan.
~ Jika mengajukan lamaran via email,tuliskan pesan yang sopan pada badan email. Jangan membuat badan email kosong.
~Tuliskan kelebihan dan kemampuan yang bida Anda kontribusikan bagi perusahaan.Ini akan menjadi nilai lebih untuk Anda.
~ Buatlah "Resume" yang tertata rapi. Susunlah informasi berdasarkan tahun terakhir hingga tahun terbelakang perjalanan hidup Anda.
~ Pasang foto berkualitas pada CV Anda.Ini akan menarik perhatian untuk mengundang Anda interview atay tidak.
* Memulai Wawancara
Inilah bagian terpenting yang harus Anda persiapkan dengan matang. Saat pertama kali Anda bisa menunjukan diri dan kemampuan.
~ Datang tepat waktu.Tinggalkan jam karet dan mulailah mendisiplinkan diri.
~ Kenakan pakaian yang sopan.Perpaduan pakaian yang Anda kenakan bisa menjadi nilai tambah untuk wawancara Anda.
~ Jabat erat tangan pewancara.Ini akan memberikan kesan tegas namun bersahabat.
~Aktif dalam percakapan dan ciptakan hubungan baik.
~ Percaya diri,Tatap mata lawan bicara.
~ Jangan mengkritik dan menjatuhkan perusahaan, atasan ataupun rekan kerja Anda sebelumnya.Hal ini akan memberikan kesan negatif.
~ Pewancara tidak memiliki waktu yang cukup untuk mengenal Anda. Jadi penilaian terhadap karakter,kompetensi dan kemampuan didasarkan pada penampilan dan tindakan yang Anda tunjukan saat wawancara berlangsung.
Semoga tulisan ini bermanfaat....
*Siapkan Surat Lamaran Dan Resume
Surat lamaran dan resume laksana cerminan diri Anda.Jadi buatlah semenarik mungkin agar bisa menarik perhatian pemilik perusahaan tempat Anda melamar.Dalam mermbuat surat lamaran ada beberapa hal yang harus diperhatikan:
~ Tulis surat lamaran Anda tidak lebih dari 1 halaman dengan kalimat yang sederhana dan mudah dimengerti.
~ Tulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa inggris.Sesuaikan dengan bahasa yang digunakan dalam iklan lowongan pekerjaan yang Anda lamar.
~ Jangan gunakan tulisan tangan,kecuali diminta oleh perusahaan yang bersangkutan.
~ Jika mengajukan lamaran via email,tuliskan pesan yang sopan pada badan email. Jangan membuat badan email kosong.
~Tuliskan kelebihan dan kemampuan yang bida Anda kontribusikan bagi perusahaan.Ini akan menjadi nilai lebih untuk Anda.
~ Buatlah "Resume" yang tertata rapi. Susunlah informasi berdasarkan tahun terakhir hingga tahun terbelakang perjalanan hidup Anda.
~ Pasang foto berkualitas pada CV Anda.Ini akan menarik perhatian untuk mengundang Anda interview atay tidak.
* Memulai Wawancara
Inilah bagian terpenting yang harus Anda persiapkan dengan matang. Saat pertama kali Anda bisa menunjukan diri dan kemampuan.
~ Datang tepat waktu.Tinggalkan jam karet dan mulailah mendisiplinkan diri.
~ Kenakan pakaian yang sopan.Perpaduan pakaian yang Anda kenakan bisa menjadi nilai tambah untuk wawancara Anda.
~ Jabat erat tangan pewancara.Ini akan memberikan kesan tegas namun bersahabat.
~Aktif dalam percakapan dan ciptakan hubungan baik.
~ Percaya diri,Tatap mata lawan bicara.
~ Jangan mengkritik dan menjatuhkan perusahaan, atasan ataupun rekan kerja Anda sebelumnya.Hal ini akan memberikan kesan negatif.
~ Pewancara tidak memiliki waktu yang cukup untuk mengenal Anda. Jadi penilaian terhadap karakter,kompetensi dan kemampuan didasarkan pada penampilan dan tindakan yang Anda tunjukan saat wawancara berlangsung.
Semoga tulisan ini bermanfaat....
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kiat sukses melangkah didunia kerja
dengan judul Kiat Sukses Melangkah di Dunia Kerja. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://edybawas.blogspot.com/2009/02/kiat-sukses-melangkah-di-dunia-kerja.html. Terima kasih!
Ditulis oleh:
Edybawas -